May 1, 2010

REVIEW: IRON MAN 2





































"I am Iron Man. The suit and I are one."

Kesuksesan besar yang diraih Iron Man pertama pada tahun 2008 lalu otomatis berhasil membuat kehebohan di sejumlah bioskop di tanah air pada kali pertama penayangan Iron Man 2 hari ini. Saya pun tidak kalah heboh. Saya sudah membeli tiket Iron Man 2 sejak dua hari yang lalu via m-tix karena takut tidak kedapatan tiket. Berlebihan? Tidak juga, buktinya antusiasme para penikmat film di Indonesia terhadap film ini begitu besar, terbukti bioskop hari ini ramai sekali! Iron Man pertama memang berhasil membuat banyak orang jatuh hati dan menjadikan karakter ini sebagai superhero favorit yang baru. Kali ini semua penasaran dengan apa yang akan terjadi kepada Tony Stark selanjutnya.

Iron Man 2 berkisah tentang nasip Tony Stark yang telah terungkap identitasnya oleh pemerintah dan pers sebagai Iron Man. Pemerintah dengan dibantu oleh rival Stark, Justin Hammer (Sam Rockwell) ingin agar 'senjata' Iron Man tersebut diserahkan kepada negara dengan alasan demi keamanan. Hal ini dikarenakan negara-negara lain sudah mulai ikut membuat senjata ala Iron Man, meskipun belum ada yang bisa sebanding. Stark tentu tidak akan menyerahkan barang kesayangannya begitu saja. Ia malah bertingkah semakin ngeyel dan semaunya, apalagi tubuhnya semakin hari semakin melemah dikarenakan ia sekarang hanya hidup dengan bantuan alat di dadanya. Tanpa disangka ternyata Stark memiliki musuh bebuyutan bernama Ivan Vanko (Mickey Rourke), seorang ilmuwan asal Rusia. Dibantu asisten tim S.H.I.E.L.D yang diketuai oleh Nick Fury (Samuel L. Jackson), Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) dan sahabat lamanya James Rhodes (Don Cheadle), Tony Stark dan kawan-kawan harus berusaha untuk melawan musuh barunya tersebut.

Beberapa karakter baru di Iron Man 2 sangat mencuri perhatian, favorit saya tentu saja karakter Ivan Vanko a.k.a Whiplash yang diperankan Mickey Rourke. Aktor yang pernah bermain apik dalam The Wrestler (2008) ini tampil sangat cocok dengan peran yang dimainkan. Mickey berhasil menampilkan karakter Ivan Vanko yang misterius nan menyeramkan. Aksen Rusia yang ia tampilkan juga cukup menunjukkan bahwa ia termasuk aktor yang serba bisa. Scarlett Johansson juga terlihat sexy dan bermain baik, adegan perkelahiannya menjelang akhir film termasuk keren. Sam Rockwell yang berperan sebagai Hammer juga ternyata memberikan surprise karena karakternya berhasil terlihat sangat annoying. Surprise berikutnya datang dari sang sutradara, Jon Favreau yang ikut bermain sebagai cameo dalam film ini, ia berperan sebagai Happy, supir sekaligus teman Tony Stark. Perannya ternyata cukup mencuri perhatian dan menghibur penonton. Gwneth Paltrow dan Robert Downey Jr. juga bermain baik, namun tidak terlalu menunjukkan peningkatan yang signifikan. Ada satu karakter yang kurang saya sukai kali ini, yaitu Don Cheadle yang hadir menggantikan peran Terrence Howard sebagai sidekick Tony Stark. Ia terlihat kurang garang, lagipula wajahnya pun terlalu serius. Chemistry antara dirinya dengan Robert Downey Jr. seperti kurang terjalin dengan baik.

Kali ini Iron Man 2 tampil nyeleneh dan lebih banyak unsur humor. Karakter Tony Stark terlihat lebih menyebalkan sekaligus narsis tingkat tinggi. But I still love Tony anyway! Plot cerita sedikit mengecewakan, apalagi ditambah dengan ending yang terkesan terburu-buru dan kurang klimaks. Adegan action kali ini terbilang sedikit, lebih berat ke unsur komedi dan drama. Namun secara keseluruhan Iron Man 2 menurut saya tetap sebuah sajian yang sangat menghibur dan wajib untuk ditonton. Special efek cukup memanjakan mata, mengingat ini adalah proyek film budget besar. Pesan saya, jangan buru-buru keluar setelah film usai karena sehabis end credit akan ada scene tambahan! Overall, Iron Man 2 is a recommended movie to watch, it's fun and entertaining. Don't expect too much because the first one is still better, but the sequel is definitely worth your money! :)





+ komentar + 18 komentar

May 1, 2010 at 3:44 AM

pertamax! ssya juga udah nonton, reviewnya menyusul yah nanti pagi....

Terimakasih artspidey atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 1, 2010 at 9:25 AM

bener-bener jagoan movies... langsung ntn premier nya..salut..salut..

Terimakasih kreshnahary atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 1, 2010 at 12:32 PM

Wah, baru nonton langsung direview....!!!! Salut buat Jagoan Movies yang up to date!!!!

Terimakasih Moviebuzzter atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
dintha yuneza
May 1, 2010 at 4:25 PM

belum nonton sih gab . huaaaaaaaaaaaaa *nangis meraung_raung*

tapi aku uda bc reviewmu dluan.hahhaa..nanti klo uda nntn aku komentarin lg yakh.

tapi kyknya aku setuju deh ama pndpt kmu yg peran Terrence Howard digantiin Don Cheaddle. huufhh.. barusan buka imdb.com utk refresh ingatan kyknya 'kerenan' si Terence deh. hihihihi :p

Terimakasih dintha yuneza atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 1, 2010 at 5:16 PM

setuju gab, bagusan yang pertama. But this one, me likey hehe

downey seh keren abis! kalo ga ada dia ni film ga bakal bisa sukses kayanya

Terimakasih dr. B atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 1, 2010 at 9:45 PM

Your Review almost like mine! we agree, that Rourke was just OK, Johansson surprisingly kick-ass, and Don Cheadle a little bit soft. Nice Review ^^ see my review too on: http://jonnyfendi.blogspot.com/

Terimakasih JONNY'S MOVEE atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 1, 2010 at 11:35 PM

meski sedikit adegan laga, tapi buat saya adegan laganya lebih seru di film ini. di film pertama kan cenderung banyak mencoba armornya, karena masih film pertama. naik turunnya emosi tony stark, asik banget. waktu dia shock, depresi. robert downey jr emang pas!

Terimakasih ekajazzlover atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 2, 2010 at 10:28 AM

gab, gw dah ntn td mlm. overall gw sgt menikmati pelem ini. Jon favreau pintar ngasih joke2 ditengah adegan. mgkn byk org yg ga suka pelem ini gara2 dikit actionnya, tp gw brasa actionnya pas kok (termasuk pas ending).
semuanya terasa pas, cukup dinikmati aja (termasuk extra scene setelah end credit).
oia, terrence howard ga diajak lg soalnya dya minta gajinya kegedean

Terimakasih kreshnahary atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 2, 2010 at 11:36 AM

Aku nonton gabz.. jadi pengen bikin robot abis nonton ini :))

Terimakasih Dika Gusti Nugraha atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 2, 2010 at 2:41 PM

Penyelesaian film ini memang sayang terlalu cepat dan actionnya jg kurang byk. Overall sih fun dan menghibur sih. Nice review (-:

Terimakasih MJ (MyMovie Critic) atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 3, 2010 at 9:35 AM

memang film ini cukup menghibur tapi saya kurang terlalu suka.. :)
mnurut saya msih lbih bagus yg pertama..ahaha

Terimakasih Thyo Aditya atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 3, 2010 at 5:20 PM

Gabby, kasih tau temen-temen, kalo mau nonton Iron Man 2 jangan dulu pulang sebelum credit titlenya abis, karena ada teaser untuk The Avenger berikutnya!!

Menurut saya, mungkin seharusnya Iron Man 2 dirilis sebelum The Incredible Hulk (versi Edward Norton) karena waktu saya nonton Hulk itu saya gak ngerti ngapain Tony Stark ngerekrut Hulk disitu, baru ngerti setelah nonton Iron Man 2.

Terimakasih Fery atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 3, 2010 at 5:35 PM

@ artspidey: sippp..

@ kreshnahary: hehe thanks! Iya Terrence Howard memang minta naikin bayaran, makanya diganti Don Cheadle.. Sayang yahh..

@ Moviebuzzter: thanks!

@ dintha: yup memang lebih keren si Terrence, tp apa boleh buat dia minta naikin bayaran sih.. Hahaha..

@ dr.B: iya memang bagusan yg pertama, but ini masih menghibur banget koq..

@ Jonny: yupp, thanks for sharing..

@ mas eka: ga bs bayangin orang lain selain Robert Downey yg peranin Iron Man.. :p


@ Dika: ditunggu robot bikinannya! :p

@ MJ: setuju! Mustinya whiplash matinya jangan terlalu gampang, supaya keseluruhan film jd mantap. Tp yaa overall masih oke dan menghibur. :)

@ Thyo: seperti yg saya bilang, film ini memang menghibur, tp lebih bagus yg pertama.. :)

@ Fery: iya udah saya tulis koq kalau setelah end credit ada scene tambahan..
:)

May 4, 2010 at 11:25 AM

Oh iya. Ternyata memang Iron Man 2 itu cerita sebelum Incredible Hulk dalam timelinenya (http://screenrant.com/iron-man-3-release-date-rob-50714/)

Oya, bikin kuis pada saat mana Hulk, Thor dan Capt America muncul dalam adegan di Iron Man 2 ini, wkwkwkw.

Terimakasih Fery atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
Anonymous
May 6, 2010 at 12:43 AM

Gw jg ntn wktu premier.
Kalo menurut gw jelek banget! bagusan yg pertama, jauuhh..
film kedua ini plot ceritanya kacau, trus mencoba untuk banyak adegan humornya, tapi semuanya garing.. Tp gw setuju ama elu, soal akting ok lah, mengingat semua pemeran aktor&aktris watak, terutama mickey rourke & rockwell memang bermain apik.
pas udah mau adegan pertarungan terakhir gw udah mulai terhibur sih, eh tp ternyata gitu doang, jd turun lg nilainya..
2 of 5 stars..

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 6, 2010 at 10:26 AM

setuju dengan komentar anonymous diatas hehe...

masih lebih oke yang pertama, dan menurut gua Penampilan Scarlet pun tidak membantu film ini.

salam kenal buat para pembaca jagoan movies :D

Terimakasih Bang Mupi atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 8, 2010 at 2:36 PM

Saya sih kurang suka sama endingnya, juga sama akting Don Cheadle sebagai James Rhode
Tapi lumayan menghibur dan sangat mainin emosi sih. Suka banget sama Tony Starknya :D

Terimakasih Antz atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2
May 9, 2010 at 3:59 PM

yap! saya menonton adegan setelah kredit !!!!! The Next Episode : THOR !!!

Terimakasih Kharisma atas Komentarnya di REVIEW: IRON MAN 2

Post a Comment

Popular Posts